Mandiri

Jalur Mandiri atau disebut juga Ujian Mandiri adalah nama yang digunakan oleh masyarakat secara umum untuk menyebut sistem penerimaan mahasiswa baru (PMB) yang dilakukan oleh perguruan tinggi negeri yang dilaksanakan secara mandiri oleh masing-masing perguruan tinggi negeri di Indonesia. Pada tahun 2022, Politeknik Negeri Banyuwangi menyelenggarakan dua jalur Mandiri yaitu Jalur Seleksi Mandiri Siswa Berpotensi (SMSB) dan Jalur Mandiri Reguler. Berikut merupakan penjelasan dari kedua jalur tersebut:

Jalur SMSB

Seleksi Mandiri Siswa Berpotensi (SMSB) Poliwangi tahun 2022 sebagai alternatif jalur masuk sebagai upaya meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia serta pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Banyuwangi memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA/MAK yang memenuhi persyaratan, berbakat, dan berpotensi untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri Banyuwangi melalaui Program Seleksi Mandiri Siswa Berpotensi atau disingkat SMSB-POLIWANGI. SMSB-POLIWANGI adalah salah satu cara untuk menjaring dan menyaring calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Banyuwangi bagi yang memiliki prestasi akademik, dan/atau prestasi non akademik tanpa melalui proses ujian saringan masuk reguler.

Kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SMSB Poliwangi tahun 2022 adalah 10% dari daya tampung setiap program studi. Politeknik Negeri Banyuwanngi memiliki 7 Program Studi yaitu Program Studi D4 Agribisnis dengan kuota 15 mahasiswa, Program Studi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata dengan kuota 18 mahasiswa,  Program Studi D4 Teknik Manufaktur Kapal dengan kuota 6 mahasiswa, dan Program Studi D4 Teknologi Pengolahan Hasil Ternak dengan kuota 10 mahasiswa, Program Studi D3 Teknik Informatika dengan kuota 21 mahasiswa, Program Studi D3 Teknik Mesin dengan kuota 12 mahasiswa,  dan Program Studi D3 Teknik Sipil  dengan kuota 15 mahasiswa.

Informasi lengkap tata cara dan syarat pendaftaran dapat mengakses laman https://sit.poliwangi.ac.id/. Biaya pendaftaran pada Jalur SMSB sebesar Rp200.000,00.

Jalur ini diperuntukkan untuk semua program studi di Politeknik Negeri Banyuwangi, yaitu:

  1. Program Studi D4 atau Sarjana Terapan
    • Program Studi D4 Agribisnis
    • Program Studi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata
    • Program Studi D4 Teknik Manufaktur Kapal
    • Program Studi D4 Teknologi Pengolahan Hasil Ternak
  2. Program Studi Diploma 3
    • Program Studi D3 Teknik Informatika (Telah Upgrade Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak)
    • Program Studi D3 Teknik Mesin (Telah Upgrade Prodi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur)
    • Program Studi D3 Teknik Sipil
KegiatanWaktu Pelaksanaan
Sosialisasi4 April s/d 22 April 2022
Pendaftaran11 April s/d 20 Mei 2022
Proses Seleksi
(Verifikasi, Penilaian, Perangkingan)
23 Mei s/d 27 mei 2022
Pengumuman Hasil Seleksi31 Mei 2022
Daftar Ulang6 Juni s/d 15 Juni 2022
Jadwal Jalur SMSB

Jalur Mandiri Reguler

Dalam upaya meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia serta pemerataan kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi vokasi, Politeknik Negeri Banyuwangi memberikan kemudahan dan kesempatan yang lebih luas bagi siswa-siswi lulusan SMA/SMK/MA/MAK yang memenuhi persyaratan, berbakat, dan berpotensi untuk mengikuti pendidikan di Politeknik Negeri Banyuwangi melalaui Jalur Mandiri.  Seleksi jalur mandiri diperuntukan jenjang Sarjana Terapan/Diploma 4 dan Diploma 3.

Kuota penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri tahun 2022 adalah 10% dari daya tampung setiap program studi. Politeknik Negeri Banyuwanngi memiliki 7 Program Studim yaitu Program Studi D4 Agribisnis dengan kuota 15 mahasiswa, Program Studi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata dengan kuota 18 mahasiswa,  Program Studi D4 Teknik Manufaktur Kapal dengan kuota 6 mahasiswa, dan Program Studi D4 Teknologi Pengolahan Hasil Ternak dengan kuota 10 mahasiswa, Program Studi D3 Teknik Informatika dengan kuota 21 mahasiswa, Program Studi D3 Teknik Mesin dengan kuota 12 mahasiswa,  dan Program Studi D3 Teknik Sipil  dengan kuota 15 mahasiswa.

Informasi lengkap tata cara dan syarat pendaftaran dapat mengakses laman https://sit.poliwangi.ac.id/. Biaya pendaftaran pada Jalur Mandiri Poliwangi sebesar Rp 200.000,00.

Program Studi D4/Sarjana Terapan

  • Program Studi D4 Agribisnis
  • Program Studi D4 Manajemen Bisnis Pariwisata
  • Program Studi D4 Teknik Manufaktur Kapal
  • Program Studi D4 Teknologi Pengolahan Hasil Ternak

 Program Studi Diploma 3

  • Program Studi D3 Teknik Informatika (Telah Upgrade Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak)
  • Program Studi D3 Teknik Mesin (Telah Upgrade Prodi D4 Teknologi Rekayasa Manufaktur)
  • Program Studi D3 Teknik Sipil
Sosialisasi & Pendaftaran09 Juli– 17 Juli 2022
Pelaksanaan Ujian Mandiri06 Agustus 2022
Pengumuman08 Agustus 2022
Jadwal Jalur Mandiri 2022

Pendaftaran mahasiswa baru jalur MANDIRI  bisa dilaksanakan secara online pada website

pendaftaran.poliwangi.ac.id

Tata cara pendaftaran:

  • Calon mahasiswa baru melaksanakan pembayaran pendaftaran ke Bank
  • Bukti pembayaran di scan dan di unggah ke website pendaftaran.poliwangi.ac.id dengan mengisi data pada web tersebut
  • Setelah pendaftar mendapatkan PIN pendaftaran yang telah dikirim ke email pendaftar,selanjutnya pendaftar logi lagi ke web pendaftaran.poliwangi.ac.id untuk pencetakan kartu peserta ujian MANDIRI

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru dan informasi seputar program studi di Politeknik Negeri Banyuwangi, anda dapat mengakses e-brosur Poliwangi tahun 2022 pada link berikut: https://bit.poliwangi.ac.id/brosur