TIM SHADOW FUNK JUARA PERTAMA DALAM CREATIVITY STATION 2023 DENGAN PRODUK INOVATIF

Bandung, 25 Agustus 2023 - Creativity Station sebuah ajang riset inovasi dan pengabdian internasional yang dipelopori oleh Pusan National University Innovation Center for Engineering Education (PICEE) dari Korea Selatan, telah sukses digelar di Sekemala Integrated Farming (SEIN FARM) Bandung. Kegiatan ini bertujuan sebagai wadah bagi mahasiswa Indonesia dan Korea untuk berkolaborasi menciptakan inovasi produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

Tahun ini, Creativity Station bertemakan "Smart IoT DX Farming" di mana para mahasiswa ditantang untuk menyelesaikan permasalahan di SEIN Farm dengan produk berbasis Internet of Things (IoT). Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 14 hingga 23 Agustus 2023 dan melibatkan berbagai Universitas dan Politeknik, seperti Telkom University, Poliwangi, PENS, serta Universitas ternama dari Korea seperti PNU, DSU, Inje, TU, GNU, dan PKNU.

Setelah melalui berbagai tahapan riset, pembuatan alat, dan presentasi. Tim Shadow Funk berhasil meraih gelar Juara Pertama dengan produk inovatif bernama "S.F In Your Hand: All in One Web Monitoring, Chat Bot, Educational Videos, and App that Uses AR." Produk ini merupakan solusi all-in-one untuk monitoring web di SEIN Farm. Pengunjung dapat memindai gambar Augmented Reality (AR) untuk mendapatkan informasi tentang jenis ikan di kolam SEIN Farm. Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, mereka dapat berinteraksi dengan Bot TanyaSeina, yang akan menjawab pertanyaan dengan otomatis, mirip dengan penggunaan Chatbot.

Di posisi kedua, tim PSY meraih penghargaan dengan produk "Never Cold System (NCS)" sebuah sistem penghangat kolam ikan yang dapat diaktifkan secara otomatis saat suhu air dingin. Sistem ini dapat dipantau secara real-time melalui web tim SPY.

 

 

Sedangkan di posisi ketiga, tim Hi Hello menciptakan produk "Hifish" sebuah sistem pakan ikan otomatis berdasarkan Real-Time Clock (RTC), suhu, dan pH air. Sistem ini memutuskan pemberian pakan berdasarkan kondisi air dan waktu yang akurat, serta mendeteksi secara real-time apakah pakan sudah habis atau masih terisi.

Kegiatan Creativity Station 2023 menjadi ajang inovasi mahasiswa yang mempertajam kemampuan komunikasi berbahasa, kerjasama tim, dan keterampilan di bidang Internet of Things. Kolaborasi antara mahasiswa Indonesia dan Korea memupuk semangat mahasiswa untuk terus berkreasi dan berinovasi di masa depan. Ajang ini telah membawa prestasi gemilang bagi Tim Shadow Funk dan semua peserta lainnya dalam menciptakan solusi yang berpotensi mengubah dunia pertanian menjadi lebih cerdas dan efisien.