Kampus Mengajar: Kesempatan Emas untuk Berkontribusi dan Belajar

Apa itu kampus mengajar ?
Kampus mengajar adalah salah satu program MBKM yang memberikan kesempatan belajar di luar kampus untuk melatih kemampuan menyelesaikan prmasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Mahasiswa vokasi mengikuti kampus mengajar?
Dengan berbekal ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama mengikuti perkuliahan, mahasiswa dapat mengimplementasikan dan menyusun program kerja yang sesuai dengan bidang keahlian kita.

Kenapa kampus mengajar?
Alasan saya mengikuti program ini adalah banyaknya benefit yang ditawarkan, yaitu : dapat mengasah kemampuan softskill dan hardskill melalui observasi kebutuhan lingkungan sekolah, sebagai agen perubahan yang berkontribusi secara langsung dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Selama mengikuti kampus mengajar angkatan ngapain aja?
Sebelum penugasan di sekolah penempatan, peserta kampus mengajar akan dibekali materi yang nantinya dibutuhkan selama bertugas di lapang. Ketika masa penugasan kami diberikan kesempatan mengeksplorasi program kerja yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan di sekolah dengan berfokus pada : peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa, adaptasi teknologi dan membantu administrasi sekolah.

Menjadi alumni peserta kampus mengajar angkatan 4 merupakan pengalaman yang berkesan bagi saya selama berkuliah di Politeknik Negeri Banyuwangi, memberikan pemahaman baru terhadap kondisi pendidikan di Indonesia dan peyemangat untuk terus berkontribusi kepada masyarakat Yunita Alfina Puspita Sari, S.Tr.P.

(Mahasiswa Alumi Prodi AGB dan Kampus Mengajar Angkatan 4, yang saat ini sebagai awardee Beasiswa LPDP PK-216 Magister Manajemen Agribisnis di Universitas Gadjah Mada Intake Februari 2024)