INCREASE WRITING COMPETENCE, POLIWANGI PR Held COPYWRITING & CONTENT WRITING TRAINING
Gambar 1 Pelatihan berlangsung

Tulisan yang menarik dan strategi penulisan yang baik menjadi solusi untuk meningkatkan Branding Politeknik Negeri Banyuwangi di mata masyarakat serta dalam meningkatkan potensi mahasiswa dalam membuat karya tulis berita. Sejalan dengan hal itu, tim Humas Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) mengadakan pelatihan Copywriting & Content writing skill yang diisi oleh Muhammad Mukit sebagai Media Relation PT Bumi Suksesindo dan Ira Rachmawati sebagai Editor Regional Kompas.com selama 2 hari 18-19 Desember 2021 di Hotel kokoon Banyuwangi, guna memberikan peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menulis berita.

Gambar 2 Sambutan Ketua Humas Poliwangi

Ka Unit Humas Poliwangi, Wahyu Naris Wari, S.T., M.T. menjelaskan bahwa sulitnya membuat pemberitaan yang berkualitas dan menarik pembaca bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kurangnya melatih kemampuan dalam bidang copywriting dan content writing” Tuturnya. Oleh karena itu diadakanlah pelatihan Copywriting & Content Writing skill untuk perwakilan Humas Himpunan mahasiswa setiap Program Studi Poliwangi dan Tim Media Center yang berada di bawah naungan Humas. Pelatihan ini diadakan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa terkait tata cara penulisan, menulis yang baik, strategi menulis yang efektif, SEO, dan strategi Branding. “Dengan kemampuan copywriting dan content writing yang mumpuni, diharapkan tim humas lebih sering mengangkat potensi kampus Poliwangi menjadi suatu tulisan maupun konten yang menarik” tutup Naris.

Gambar 3 Penyampaian pemateri 1

“Menyalin tulisan adalah strategi untuk belajar menulis, untuk bisa menemukan gaya menulis kita,” Ungkap Muhammad Mukit selaku pemateri pada pelatihan ini. Ia menyampaikan bahwa untuk bisa menulis yang baik juga harus menjadi pembaca yang rajin. Oleh sebab itu, mahasiswa dituntut untuk rajin membaca bukan hanya jurnal, tapi juga berita untuk meningkatkan literasi skill dari tulisan tulisan yang menarik, membuat otak akan menyalin dari berita yang telah kita baca, dan menyalin merupakan strategi untuk memulai menulis. “Selain dari rajin membaca tulisan, ada beberapa hal lain yang menunjang tulisan seseorang, salah satunya adalah latihan yang sering dilakukan dan berulang kali gagal sampai berhasil membuat tulisan yang menarik,” tambahnya.

Gambar 4 Pemateri 2 menyampaikan materinya

Ira Rachmawati yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan ini, menjelaskan content writing dalam menentukan apa yang akan kita tulis, menggunakan SEO untuk membuat tulisan kita banyak dibaca, tidak hanya itu kebiasaan kecil dalam menulis caption di sosial media yang baik juga merupakan usaha untuk memperbaiki tulisan kita. Berbagai trik seperti penulisan angka sebelum judul. “Tulisan yang baik hasil dari kebiasaan kebiasaan yang telah kita lakukan setiap hari,” ungkapnya.

Gambar 5 Salah satu peserta menyampaikan kesan

“Terimakasih kepada Humas Politeknik Negeri Banyuwangi yang telah mengadakan pelatihan ini, yang membuat saya sendiri semakin lebih memahami tentang bagaimana menulis yang baik, dan saya berharap semoga pelatihan seperti ini terus diadakan,” Ungkap Khusaini Dwisyah Putra salah satu peserta yang juga tergabung pada Tim Media Center.