MAHASISWA POLIWANGI MENGIKUTI PROGRAM PERTUKARAN PELAJAR SEA-TVET DI REMNANT INSTITUE INC FILIPINA

Politeknik Negeri Banyuwangi _Poliwangi_ bekerjasama dengan Remnant Institue Inc-Philippines dan Southeast Asian Ministers of Education Organization _SEAMEO_ melaksanakan program SEA-TVET Internship Exchange Programme 3rd Batch in 2019. Poliwangi untuk pertama kalinya memberangkatkan 2 mahasiswa untuk kegiatan pertukaran mahasiswa di Remnant Institue Inc-Philippines. Program pertukaran mahasiswa dilakukan pada bulan Februari 2019 – Maret 2019. Dua mahasiswa Poliwangi yang berangkat merupakan mahasiswa program studi Agribisnis, yaitu Catheliya Aqshatu Sakila _mahasiswa semester 5_ dan Yunita Alfinan Puspita Sari _mahasiswa semester 1_.

Kegiatan pelepasan kedua mahasiswa dilakukan di Politeknik Negeri Banyuwangi dan dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi “Son Kuswadi, Dr.Eng”, Wakil Direktur 3 Bidang Kemahasiswaan “M. Shofi’ul Amin, S.T.,M.T”, dan Koordinator Urusan Internasional “Riza Rahimi Bachtiar, S.P.,M.P.,MBA”, serta kedua mahasiswa yang akan berangkat ke Filipina. Tujuan dari program tersebut untuk mempelajari budaya setempat, melakukan kunjungan industri bidang Pertanian dan Agribisnis, meningkatkan pengetahuan bidang pertanian dan agribisnis, serta meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar mahasiswa.

“Kami berharap, kedua mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi ini dapat membawa nama baik Poliwangi di kancah luar negeri yaitu Filipina. Seraplah ilmu dan pengalaman sebanyak mungkin selama melakukan kegiatan pertukaran mahasiswa di Filipina, akan ada banyak pengalaman berharga yang didapatkan selama melakukan pertukaran mahasiswa di Filipina. Sikap kemandirian, kemampuan beradaptasi juga akan meningkat dengan melakukan kegiatan pertukaran ini. Saya juga berharap mahasiswa-mahasiswa Poliwangi yang lain dapat juga mengikuti kegiatan serupa, sehingga pengalaman dan kemampuan berkomunikasi Bahasa asing, serta adaptasi dengan negara lain dapat meningkat.” kata Son Kuswadi, Dr.Eng, Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi. “Di samping itu, program ini untuk mengantisipasi datangnya era Industri 4.0, di mana literasi data, teknologi dan manusia harus dikuasai oleh mahasiswa”, lanjut Son Kuswadi.

SEA-TVET Internship Exchange Programme pada tahun 2019 dilakukan oleh 5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Vietnam. Terdapat 44 institusi di Indonesia, 3 institusi di Malaysia, 20 institusi di Filipina, 4 institusi di Thailand dan 1institusi di Vietnam.