SNMPN

SNMPN atau dengan kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri adalah jalur seleksi nasional yang diselenggarakan secara bersamaan untuk menyeleksi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Vokasi atau Politeknik Negeri di Seluruh wilayah Indonesia.

Seleksi jalur SNMPN ini didasarkan pada prestasi siswa selama di SMA / MA / SMK / MAK yang dilihat dari nilai rapor selama 5 (lima) semester yaitu mulai dari kelas X semester 1 (satu) sampai dengan kelas XII semester 1 (satu). Siswa yang secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPN.

Dari uraian di atas, maka dapat kita ketahui pula bahwa tidak semua siswa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi jalur SNMPN ini. Siswa yang bisa mengikuti SNMPN adalah siswa yang berprestasi unggul di Sekolah. Untuk siswa yang tidak mendapat kesempatan mengikuti seleksi jalur SNMPN , maka bisa mengikuti seleksi jalur SBMPN atau seleksi jalur mandiri yang diselenggarakan oleh masing-masing Politeknik Negeri di Indonesia.

Baiklah kita langsung saja akan membahas tentang Pendaftaran Online SNMPN . Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Persyaratan Mengikuti SNMPN

Untuk bisa mengikuti seleksi SNMPN , maka harus memenuhi beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Persyaratan SNMPN ini berlaku untuk Sekolah dan Siswa pendaftar. Berikut informasi selengkapnya.

  • Persyaratan SNMPN untuk Sekolah
    • SMA / SMK / MA / MAK negeri maupun swasta, termasuk Sekolah RI yang ada di luar negeri.
    • Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) tahun ini
  • Persyaratan SNMPN untuk Siswa Pelamar
    • Siswa SMA / SMK / MA / MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun ini
    • Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
    • Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
    • Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester

KETERANGAN PROSEDUR PENDAFTARAN SNMPN 2021

  1. Politeknik mengirimkan undangan SNMPN ke sekolah berupa username dan password untuk bisa login ke aplikasi SNMPN di laman: https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/login Pengiriman undangan ke sekolah dilakukan pada tanggal 11 Januari – 12 Maret 2021
  2. Jika Sekolah telah Menerima undangan maka dapat login ke https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/login Namun bila Tidak Menerima undangan maka Sekolah dapat mendaftarkan diri ke laman https://snmpn.politeknik.or.id/sekolah/registrasi dengan terlebih dahulu melengkapi data NPSN kemudian tekan Cek. Apabila NPSN tidak ditemukan oleh aplikasi SNMPN, maka silahkan melengkapi data-data permohonan sebagai berikut:
    • NPSN
    • No Telepon
    • Email Admin Sekolah
    • Akreditasi Sekolah
    • Tipe Sekolah
    • Kategori Sekolah
    • Nama Kepala Sekolah
    • Nama Sekolah
    • Jumlah Murid yang Akan Lulus Tahun 2021
    • Provinsi
    • Kota
    • Kecamatan
    • Alamat Sekolah
    • Melampirkan Scan Surat Pengangkatan Kepala Sekolah (Tipe File : JPG, JPEG, atau PDF. Ukuran File Maksimal : 1 MB dan minimal 300 KB)
  3. Periode permohonan oleh sekolah dapat dilakukan pada tanggal 11 Januari hingga 12 Maret 2021. Proses selanjutnya setelah data telah lengkap dan terkirim, operator akan memvalidasi data pengajuan. Bila validasi berhasil maka akan dibuatkan username dan password, serta mengirimkannya ke surel admin sekolah yang bersangkutan dalam waktu pengiriman maksimal 2 x 24 jam. Sebagai catatan, lampiran SK Pengangkatan Kepala Sekolah harus dikirimkan sebelum tanggal 12 Maret 2021 dan memenuhi ketentuan sebagai berikut:
    • Resolusi besar dan terbaca dengan jelas
    • Terdapat Kop Surat
    • Terdapat Nama Sekolah dan Kepala Sekolah
    • Surat lengkap, tidak hanya lampiran
    • Jangka waktu SK maksimal lima tahun terakhir maksimal tahun 2016
  4. Setelah berhasil login, Sekolah harus segera melengkapi data-data yang diminta maksimal tanggal 12 Maret 2021. Berikut data yang wajib dilengkapi:
    • Biodata Sekolah,
    • Data Jurusan,
    • Rekomendasi Siswa yang akan didaftarkan ke SNMPN
  5. Username dan password Siswa otomatis dibuat oleh Sistem, sehingga pihak Sekolah bisa langsung mencetak dan mendistribusikan ke masing-masing Siswa.
  6. Siswa yang sudah menerima username dan password diwajibkan untuk segera login ke laman https://snmpn.politeknik.or.id/siswa/login, kemudian melengkapi aplikasi pendaftaran yang memuat data-data sebagai berikut: • Biodata Siswa
    • Data Keluarga
    • Data Ekonomi
    • Data Raport diisi sesuai dengan semester yang telah dijalani siswa
    • Menambahkan 3 prestasi akademik/kurikuler terbaik
    • Pilihan Jurusan Politeknik (Siswa dapat memilih 2 Politeknik dan 3 Program studi, serta bebas menempatkan urutan pilihan sesuai dengan prioritas)
    • Mengisi KAP dan PIN KIP Kuliah bagi Peserta yang telah mendaftar Progam KIP Kuliah (Informasi dan pendaftaran Program KIP Kuliah dapat diakses di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ )
    • Finalisasi Apabila Siswa yang telah mendapat username dan password tidak login selama 7 hari maka username dan password akan HAGUS. Dan Sekolah harus merekomendasikan ulang Siswa tersebut. Periode ini berlangsung mulai tanggal 11 Januari hingga 19 Maret 2021.
  7. Setelah finalisasi, siswa wajib mencetak hasil isian (print out) formulir pendaftaran tersebut.
  8. Siswa harus mempersiapkan berkas-berkas yang harus dikirimkan ke Politeknik yang dituju (disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing politeknik) antara lain :
    • Print out bukti pendaftaran
    • Fotocopy rapor semester 1 s/d 5 yang telah dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 4×6 (2 lembar)
    • Fotocopy akte kelahiran atau Surat Kenal Lahir
    • Fotocopy 3 buah sertifikat prestasi akademik/ kurikuler terbaik yang dibuktikan dengan lampiran sertifikat yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah yang dicapai selama di Sekolah Menengah
    • Surat keterangan lain yang disyaratkan oleh Politeknik yang dipilih (lihat keterangan syarat khusus dari politeknik yang bersangkutan)
    • Persyaratan tambahan khusus siswa/pendaftar KIP Kuliah: ü Mengirimkan 2 berkas ( 1 berkas untuk persayaratan (SNMPN dan 1 berkas format sesuai aturan KIP Kuliah dikti, silakan lihat di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ )
  9. Jika Pihak Sekolah mengakomodir pendaftaran secara kolektif, maka berkas pendaftaran dari siswa diserahkan semuanya kepada pihak Sekolah.
  10. Pihak Sekolah secara kolektif atau Siswa secara mandiri mengirim berkas pendaftaran SNMPN ke alamat Politeknik yang menjadi Pilihan Pertama Siswa. Hal ini hanya berlaku bagi politeknik yang memerlukan pengiriman berkas. (Pengiriman maksimal 1 minggu setelah siswa melakukan FINALISASI CAP POS)
  11. Siswa mengunggah bukti pengiriman berkas ke politeknik yang bersangkutan pada laman https://snmpn.politeknik.or.id/siswa/finalisasi (berlaku bagi siswa yang mengirimkan berkas)
  12. Politeknik akan menvalidasi data siswa beserta berkas yang telah dikirim oleh Sekolah atau Siswa
  13. Evaluasi masing-masing Politeknik 13. Politeknik melakukan Proses Seleksi Nasional
  14. Politeknik melakukan Rapat Koordinasi Evaluasi Akhir
  15. Pengumuman kelulusan dapat dilihat di website SNMPN 2021
  16. Siswa yang dinyatakan lolos seleksi, dapat melakukan pendaftaran ulang calon mahasiswa baru sesuai dengan jadwal masing-masing politeknik.

Catatan : Semua proses harus dilaksanakan dengan baik, benar dan sesuai alur pendaftaran dan sistem. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap kesalahan pada proses pendaftaran secara daring.

ALUR PENDAFTARAN SNMPN 2021

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru dan informasi seputar program studi di Politeknik Negeri Banyuwangi, anda dapat mengakses e-brosur Poliwangi tahun 2022 pada link berikut: https://bit.poliwangi.ac.id/brosur