Lanjutan, Program Studi DIV Teknik Manufaktur Kapal Poliwangi Kembali Adakan Kuliah Lapangan ke Galangan Kapal Bulusan

Pada tanggal 06 Desember2018 dan 07 Desember 2018 dilaksanakan Kuliah Lapangan di Galangan Kapal Pantai Bulusan, yang dikelola oleh Bapak Felix Widodo. Kuliah lapangan diikuti oleh 16 mahasiswa tingkat 2 dan6 mahasiswa tingkat 1 Program Studi DIV Teknik Manufaktur Kapal dan didampingi oleh Bapak Rizky Novan Wijaya, Bapak Deki dan Bapak Hery Inprasetyobudi.

Kuliah Lapangan kali ini merupakan kuliah lapangan kedua sebagai materi komplemen pada Mata Kuliah Kapal Non Ferro. Kuliah Lapangan kali ini mengambil 3 _tiga_ tema pada pembangunan kapal kayu, yaitu :

  1. Pemeriksaan pada saat kapal kayu telah selesai dibangun.
  2. Dock Trial sebagai tahapan pengecekan pada saat kapal beroperasi untuk menguji performansi kapal sesuai Spesifikasi, dilaksanakan oleh pihak galangan kapal pembangun.
  3. Official Sea Trial, sebagai tahapan pada saat kapal yang menurut galangan kapal pembangu telah memenuhi  syarat, dengan dihadiri oleh Pemilik Kapal _pemesan_, badab klasifikasi _penerbit surat pembangunan kapal_ dan KSOP _penerbit Surat Laik Laut_ .

Sebagaimana diketahui, Galangan Kapal di Bulusan mendapatkan kontrak pembangunan kapal seri KM Banawa Nusantara sejumlah 8 _delapan_ unit. KM Banawa Nusantara sesuai spesifikasi memiliki panjang 17 Meter, mampu mengangkut 24 penumpang, memiliki kru berjumlah 5 _lima_ ABK, dan mampu bergerak dengan kecepatan dinas 8 knot.

1. Official Sea Trial Kamis 06 Desember 2018

Pada tanggal 06 Desember dilaksanakan Official Sea Tria untuk kapal yang paling siap. Dengan dihadiri oleh 3 _tiga_ personil Marine Surveyor dari KSOP _Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan_ Tanjung Wangi. Karena ini adalah Official Sea Trial, maka Engineer dari galangan kapal turut mendampingi sejumlah 8 _delapan_ orang. Dan hanya diijinkan 4 _empat perwakilan dari Poliwangi untuk ikut, yaitu 2 _dua_ pembimbing dan 2 _dua_ mahasiswa.

Sebelum semua proses dilakukan, mahasiswa melaksanakan briefing untuk mengingatkan K3 dan tugas-tugas yang harus dilakukan.

Pengujian dilaksanakan mulai 9.45 WIB. Pengujian yang dilakukan meliputi beberapa syarat utama untuk menguji kemampuan kapal sesuai spesifikasi dan sesuai persyaratan KSOP untuk mendapatkan Surat Laik Laut. Hasil pengujian adalah sebagai berikut :

  • Speed test melalui drag test pada alur lurus pada 85% RPM = 8,2 knot relatif terhadap posisi bumi _GPS_, 11,2 knot relatif terhadap aliran air.
  • Circle test left = radius +/- 100 m
  • Circle test right = radius +/- 100 m
  • Williamson Turning circle = radius +/- 150 m dengan panjang 450 m.
  • Reverse test = 3,2 knot relatif terhadap posisi bumi _GPS_
  • Pengecekan kelengkapan dan perlengkapan kapal.
  • Pengecekan terhadap Navigasi dan Communication.
  • Pengecekan terhadap LSA _Live Saving Aplliances_
  • Pengecekan lainnya sesuai booklet KSOP

Kendala pada saat Official Sea Trial :

  • Pada saat dilakukan Reverse Test, sempat terjadi kerusakan pada span screw driver yang mengendalikan sistem kemudi, akan tetapi dapat langsung diatasidengan penggantian suku cadang.
  • Pada saat semua test telah dilakukan, sempat terjadi black out, selama kurang lebih 7 meni, dan kapal sempat terbawa arus, karena sistem daya penggerak dan sistem generator kapal mati. Akan tetapi dapat langsung diatasi oleh kru galangan dengan enemukan komponen yang rusak dan segera melakukan penggantian.

Official Sea Trial selesai dilaksanakan pada pukul 14.00.

Mahasiswa yang tidak melaksanakan Official Sea Trial mendapatkan tugas pengecekan 4 _empat_ kaal yang telah siap untuk peluncuran. Dan melakukan review pelaksanaan proses peluncuran kapal yang sedang berlangsung.

Seluruh proses selesai pada pukul 15.30, mahasiswa melakukan apel dan kembali pulang ke kampus.

2. Dock Trial Jumat 07 Desember 2018

Pada Dock Trial kali ini, difokuskan pada :

  1. 2 _dua_ kapal yang telah mengapung.
  2. Pengujian hanya untuk menguji speed test melalui drag test..

Sebagaimana biasanya, kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 ini diawali dengan briefing untuk mengingatkan mahasiswa tentang norma K3 dan tugas-tugas yang harus dilaksanakan pada kulaiah lapangan.

Karena kapal yang diuji berjumlah 2 _dua_ unit, maka magasiswa dibagi menjadi 2 _dua_ kelompok, yaitu kelompok pertama terdiri dari 8 _delapan_ mahasiswa tingkat 2 _dua_ dan 3 _tiga_ mahasiswa tingkat 1 _satu_, dan kelompok kedua dengan jumlah yang sama. Masing-masing memeliki tugas untuk meriview pelaksannan Dock Trial di kapal yang berbeda.

Dock Trial ini dihadiri oleh Bank Jatim Cabang Lamongan sebagai pihak yang membiayai pembangunan kapal.

Hasil dari Dock Trial ini sebagai berikut :

  1. Speed Test melalui Drag Test mampu mencapai kecepatan 11,2 knot, relatif terhadap posisi bumi _GPS_.
  2. Kapal kedua setelah melakukan speed test terjadi kendala mati mesin, sehingga pada saat kembali ke posisi tambat, ditarik oleh kapal ketiga.

Seluruh tahapan dock trial selesai pada pukul 10.45 WIB.

Seperti biasanya, diadakan briefing untuk evaluasi kuliah lapangan. Setelah selesai briefing, mahasiswa kembali menuju kampus untuk melakukan tugas perkuliahan seperti biasanya, dan melaksanakan sholat jumat di perjalanan menuju kampus.

Sebelumnya:

Kuliah Lapangan DIV TMK Poliwangi