Politeknik Negeri Banyuwangi Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Tengah Hujan Perkuat Komitmen terhadap Nilai-Nilai Kebangsaan

Banyuwangi - Politeknik Negeri Banyuwangi melaksanakan Upacara Bendera memperingati Hari Kesaktian Pancasila hari selasa (01/10) di Lapangan Prabu Tawang Alun. Upacara hari ini digelar dalam keadaan hujan deras namun berjalan dengan khitmat. Upacara dipimpin oleh Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi, Ir. Shofi’ul Amin, S.T., M.T. Upacara diikuti oleh mahasiswa, seluruh dosen serta tenaga kependidikan. Dalam sambutannya Direktur menyampaikan bahwa pancasila merupakan ideologi bangsa terutama di era globalisasi sehingga perlu untuk dilestarikan dan diterapkan nilai-nilai kepribadian bangsa yang luhur.

“Namun pada kenyataannya, zaman sekarang ini, Pancasila sungguh sulit diterapkan. Maka kita harus mempunyai rasa cinta terhadap bangsa Indonesia. Cinta bangsa Indonesia merupakan sikap rasa memiliki, bangga dan berusaha menjaga apapun kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia. Hal tersebut terdapat dalam Pancasila yang merupakan kristalisasi nilai-nilai luhur bangsa yang diyakini kebenarannya. Setiap warga negara hendaknya memiliki kesadaran tentang nilai-nilai Pancasila dan kebenarannya serta sungguh-sungguh mengamalkan sehingga Pancasila tetap hidup menjadi bagian dari bangsa Indonesia” Ujar Direktur.

Direktur menekankan bahwa mahasiswa merupakan penerus bangsa yang harus terus menerapkan nilai-nilai pancasila di kehidupan sehari-hari. “memperingati Hari Kesaktian Pancasila adalah dengan belajar sungguh-sungguh, mengembangkan sikap toleransi antar warga akademik maupun masyarakat, berlatih untuk bersikap disiplin dan mengisi tiap-tiap kemerdekaan dengan prestasi yang membanggakan bangsa serta menjaga budaya Indonesia agar tetap lestari.”

“Pancasila merupakan kekayaan, harta karun yang harus digali dan diterapkan nilai-nilainya. Oleh karena itu, marilah kita sebagai Keluarga Besar Poliwangi dan warga negara Indonesia, cintailah bangsa kita, cintailah ideologinya, cintailah juga budayanya” Tutur Direktur.