Politeknik Negeri Banyuwangi Gandeng KAMK University Finlandia untuk Perkuat Pendidikan Vokasi

FINLANDIA - Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan Kajaani University Of Applied Science (KAMK University).

Ceremony Signning/Penandatanganan MoU ini dilakukan di kampus Kajaani University Of Science Applied, Ketunpolku – Kajaani, Finlandia, Jumat, 27 Oktober 2023.

Penandatanganan langsung dilakukan oleh Rektor/CEO KAMK University Matti Saren, Ph.D dan Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi Ir. M. Shofi’ul Amin, S.T., M.T.

Ir. M. Shofi’ul Amin, S.T., M.T., mengatakan bahwa MoU yang ditandatangani ini berkaitan dengan pengembangan perguruan tinggi terapan dalam kolaborasi internasional.

"Pada Kolaborasi ini Poliwangi tidak sendiri, namun dengan beberapa Politeknik dan Sekolah Vokasi lain yang ada di Indonesia" Ujar Direktur.

Diharapkan dengan MoU ini akan menjadi peluang kerjasama Politeknik Negeri Banyuwangi dengan Perguruan Tinggi bertbasis terapan di Dunia khususnya di Finlandia dengan konsep pendidikan yang berbasis keilmuan terapan (Applied Sciences).

Bidang kerjasama yang dilakukan meliputi; pelatihan dan pendidikan gelar dan non gelar, Pertukaran mahasiswa/dosen/tendik, Kegiatan penelitian bersama, Partisipasi dalam seminar dan pertemuan akademik, Pertukaran materi akademik dan informasi lainnya, Proyek dan inisiatif untuk pengabdian kepada masyarakat, dan kegiatan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Lebih lanjut Direkur juga menambahkan bahwa selain penandatanganan MoU dengan KAMK University, saat ini 20 orang dosen yang berasal dari berbagai perguruan tinggi vokasi di Indonesia sedang melaksanakan pelatihan/magang dengan nama kegiatan Pelatihan Finnish Universities of Applied Sciences: Vision, Management, and Role in Education - Kajaani University of Applied Sciences and Arctic Nest Oy Finland selama lebih kurang 1 (satu) bulan.

Turut hadir dalam penandatangan MoU tersebut Direktur Politeknik Negeri Banyuwangi Ir. M. Shofi’ul Amin, S.T., M.T. Rector/CEO KAMK University Matti Saren, Ph.D, Development Director KAMK University Kimmo Nikkanen, dan Academic Director, Artic Nest Oy Finland Prof. Dr. John Meewella, serta pimpinan dan perwakilan dari perguruan tinggi vokasi lainnya.