200 Mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi Terjun ke Kampus Mengajar dan MSIB

Banyuwangi, 15 Februari 2024 – Sebanyak 200 mahasiswa Politeknik Negeri Banyuwangi (Poliwangi) mengikuti pembekalan dan pelepasan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) semester genap 2023/2024. Acara ini berlangsung di Aula Abdullah Azwar Anas pada Kamis (15/2) pagi.

Program MBKM yang diikuti oleh para mahasiswa ini terdiri dari Kampus Mengajar angkatan 7 dan Magang Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 6.

Direktur Poliwangi, Ir. Shofi'ul Amin, S.T., M.T., dalam sambutannya menyampaikan bahwa program MBKM merupakan kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar kampus.

"Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan dan soft skills di dunia nyata," ujar Shofi'ul Amin.

Lebih lanjut, Shofi'ul Amin berpesan kepada para mahasiswa agar dapat mengikuti program ini dengan penuh semangat dan tanggung jawab.

"Gunakan kesempatan ini untuk belajar dan berkontribusi bagi masyarakat. Jaga nama baik almamater Poliwangi di mana pun kalian berada," pesannya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelepasan Kampus Mengajar 7 dan MSIB 6, Nurul Alfiyah, S.E., Akun, menjelaskan bahwa pembekalan ini bertujuan untuk membekali para mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan selama mengikuti program MBKM.

"Para mahasiswa akan dibekali dengan materi tentang pedagogi, manajemen kelas, dan adaptasi budaya," jelas Nurul Alfiyah.

Pembekalan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Aris Singgih Budiarso, M.Pd., C.H., C.Ht., CPS., CPHRM., NLP.Prac.

Setelah mengikuti pembekalan, para mahasiswa akan diterjunkan ke berbagai sekolah di wilayah Banyuwangi dan Jawa Timur untuk mengajar dan membantu proses belajar mengajar.

Program MBKM diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi para mahasiswa dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.