+62 (0333) 636780Kontak Kami

PENDAFTARAN PMDK PN POLITEKNIK NEGERI SE INDONESIA AKAN SEGERA DIBUKA

Senin, 8 Januari 2017. Telah dilaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Pelaksanaan PMDK PN Tahun 2018 di Hotel Santika Premiere Gubeng Surabaya. Dalam acara tersebut Poliwangi diwakili oleh Ibu Wahyu Naris Wari, S.T., M.T. Humas Poliwangi dan juga Tim IT Poliwangi yang diwakili oleh Bapak Nur Cholik Hasyim, A.Md. Acara diawali pembukaan yang dilanjutkan dengan evaluasi PMDK PN 2017, penjelasan jadwal PMDK PN 2018, workshop teknis pelaksanaan, database dan web servise.

 

Sebanyak 43 Politeknik Negeri yang tersebar se Indonesia bakal membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) serentak untuk jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) pada 15 Januari 2018 mendatang. PMB kali ini dilakukan secara online dengan video tutorial yang memudahkan calon mahasiswa yang mendaftar.

 

Ketua Pelaksana PMDK Politeknik Negeri, Rusminto Tjatur Widodo mengatakan, melalui pendaftaran secara online ini, akan memudahkan bagi calon mahasiswa di berbagai daerah. Hanya saja untuk politeknik negeri yang sulit terakses jaringan internet, calon mahasiswa perlu mendatangi langsung kampus yang bersangkutan.

 

"Seperti Politeknik Negeri Nusa Utara, Sulawesi, atau Politeknik Negeri Fakfak, Papua, pendaftar bisa datang ke kampus dan dibantu entri data oleh petugas," ujarnya di sela rapat koordinasi peningkatan kualitas PMDK-PN di Surabaya, Senin (8/1).

 

Rusminto menjelaskan, tahapan PMDK dimulai dengan pengisian data sekolah dan data siswa pada 15 Januari sampai 14 April. Hasil pengumuman disampaikan pada 9 Mei.

 

Sedangkan untuk berkas yang perlu di-upload, mulai dari nilai rapor selama 5 semester, sertifikat prestasi juara kompetisi, baik tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, nasional, bahkan internasional.

 

"Bila kesulitan dalam mendaftar, kita sudah siapkan video panduannya," jelasnya.

 

Lebih lanjut, Rusminto mengatakan, tahun ini jumlah kuota mahasiswa jalur PMDK secara nasional belum ditentukan. Masing-masing politeknik negerilah yang menentukan. Sementara pada tahun lalu, jumlah pendaftar mencapai 200.000.

 

Politeknik Negeri Banyuwangi sendiri belum menentukan berapa kuota PMDK PN tahun ini, untuk informasi lebih lanjut nanti akan diinformasikan melalui web poliwangi di www.poliwangi.ac.id. Program studi yang bisa dipilih pada program PMDK PN diantaranya untuk jenjang D3 terdiri dari Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Mesin, dan Prodi Teknik Informatika. Untuk jenjang D4 terdiri dari Prodi Teknologi Penolahan Hasil Ternak (TPHT), Prodi Manajemen Bisnis Pariwisata (MBP), Prodi Agribisnis dan Prodi Teknologi Manufaktur Kapal (TMK).

 



  • 10/01/18

  • Diterbitkan: humas

Back to Top
tanggal tidak sama