+62 (0333) 636780Kontak Kami

KERJASAMA POLIWANGI DAN DIRJEN BINA MARGA KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM DAN PERUMAHAN RAKYAT DALAM PENDAMPINGAN SURVEI KONDISI JALAN NASIONAL

Program Studi Teknik Sipil Politeknik Negeri Banyuwangi dan Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melakukan kegiatan pendampingan teknis survei kondisi jalan dan verifikasi serta validasi data jalan di Bandung. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari (3-7 April 2017) merupakan salah satu agenda dari tindak lanjut Perjanjian Kerja Sama (PKS) dan Kerja Sama Operasi (KSO) antara Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan Politeknik Negeri Bidang Sipil se-Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan salah satu dari serangkaian acara dalam mendukung program Link and Match dunia pendidikan dan dunia konstruksi.

Dalam kegiatan pendampingan ini diberikan pelatihan kepada dosen dan mahasiswa mengenai teknis pelaksanaan survei kondisi jalan sampai dengan validasi data Jalan Nasional. Dengan kegiatan ini, diharapkan terjalin kerjasama dan komunikasi yang baik antara Politeknik Negeri Bidang Sipil se-Indonesia dan Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sehingga Politeknik dapat berperan dalam peningkatan kualitas jalan di daerah masing-masing.

Kepala Pusat Penelitian Jalan dan Jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Ir. Herry Vaza, M.Eng.Sc selaku salah satu pembicara dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa pemanfaatan material harus mendukung pembangunan infrastruktur. Dengan adanya kegiatan ini, peserta pelatihan diharapkan dapat menjadi service of provider data jalan sehingga kondisi jalan di Indonesia tetap prima.

Program Studi Teknik Sipil Politeknik Negeri Banyuwangi yang ikut berperan dalam program tersebut bersama Politeknik Negeri Bidang Sipil se-Indonesia lainnya mempunyai komitmen bersama dalam menyiapkan mahasiswa sesuai kualifikasi yang dibutuhkan dalam mendukung program tersebut. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Ketua Jurusan/Ketua Program Studi Teknik Sipil Politeknik Negeri se-Indonesia, Dosen dan Mahasiswa ini dibuka oleh Bapak Nazib Faizal selaku Plt. Kasubdit Analisa Data dan Pengembangan Sistem (ADPS) dan Ibu Nunung Martina selaku Kepala P3AI Politeknik Negeri Jakarta.

Kegiatan ditutup oleh Ir. Rachman Arief Dienaputra, M.Eng selaku Direktur Pengembangan Jaringan Jalan. Dalam sambutannya disampaikan bahwa Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan dan Politeknik diharapkan saling mendukung dengan sharing data dan informasi pada pelaksanaan kegiatan survei kondisi jalan dan verifikasi serta validasi data jalan nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di masing-masing daerah. (ts)



  • 17/04/17

  • Diterbitkan: 00080

Back to Top